Welcome, Selamat Datang, Ahlan Wa Sahlan

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga bisa menambah relasi pertemanan dan mengikat tali silaturahmi. Blog ini berisi penuh cerita tentang dunia menulis, kuliner, crafting, islamic, pendidikan dan gardening. Sungguh senang jika anda berkenan meninggalkan jejak dan pesan di blog ini. Selamat membaca, semoga bermanfaat:D.

Kamis, 24 September 2015

TENTANG WEBSITE 'OPEN RICE' DAN APLIKASI ANDROID 'OPEN SNAP' (Bagian 1)

APA SIH 'OPEN RICE'? APA SIH 'OPEN SNAP'? 

WEBSITE OPEN RICE
Ini ulasan di www.marketing.co.id tentang Open Rice postingan tahun 2012 – Meski baru hadir di Indonesia, kehadiran OpenRice.com ternyata cukup diminati banyak orang. Hal itu terlihat dari banyaknya jumlah member yang bergabung di situs web tersebut. Apa kunci suksesnya?
 
Bagi seorang pebisnis, keberadaan situs web memiliki peran yang sangat penting. Apalagi dalam bisnis jual beli barang atau jasa. Adanya media ini bisa dijadikan sebagai channel lain dalam menjual. Bisa diibaratkan sebagai sebuah toko tempat mereka bisa menginformasikan barang atau produk yang ditawarkan.
Akibatnya, bisnis dengan media situs web semakin digandrungi banyak orang. Lagipula bisnis seperti ini pun bisa menghasilkan revenue bagi si pemilik. Semakin menjamurnya bisnis tersebut membuat kalangan pebisnis online harus pandai-pandai memilah dan memilih bidang bisnis mereka.

Seperti halnya OpenRice.com yang hadir sebagai salah satu situs web yang mengkhususkan diri pada bidang kuliner. OpenRice.com merupakan portal komunitas kuliner terbaru di Indonesia yang menjadi direktori online interaktif. Potensi untuk membawa kuliner ke dunia online masih terbuka lebar. Sebab banyak perusahaan jasa penyedia makanan di Indonesia, mulai dari makanan yang mewah dan eksklusif, sampai makanan dengan harga murah di pelosok, yang masih belum terekspos.

OpenRice.com memiliki goal untuk jadi panduan utama bagi para pencinta makanan. Alasan memilih bidang kuliner karena makanan merupakan kebutuhan sehari-hari bagi setiap orang. OpenRice.com pertama kali didirikan di Hong Kong pada tahun 1999. Lalu, berekspansi ke Cina, Macau, Singapura, Filipina, Thailand, dan Indonesia. Khusus di Indonesia, OpenRice.com resmi diluncurkan pada April 2010.

Apa yang melatarbelakangi bisnis ini dirilis di Indonesia? Sherly Huang, Business Manager OpenRice.com Indonesia, mengatakan bahwa seiring berkembangnya teknologi dan mobilitas masyarakat membuat segala kebutuhan harus disajikan serba praktis dan informatif. “OpenRice.com berusaha memenuhi kebutuhan dalam hal info kuliner. Di Hong Kong, OpenRice.com telah menjadi nomor satu online dining guide. Karena itu, kami optimistis OpenRice.com Indonesia juga memiliki prospek yang tinggi mengingat pangsa pasar di sini yang cukup besar,” ujar dia.

Awalnya, OpenRice.com dibangun dari pengumpulan database restoran yang ada di sekitar Jakarta dan Bandung. Sistem pengumpulan datanya dilakukan melalui penyurvei di lapangan. Database yang dikumpulkan mulai dari nama, alamat, telepon, foto restoran, hingga detail lainnya—seperti jam buka, jenis makanan, dan menu rekomendasi. Karena, memang target dan sasarannya adalah para pencinta kuliner, baik yang menjadi member maupun bukan, hingga pemilik restoran-restoran di Indonesia.

Berbicara mengenai member, OpenRice.com memiliki komunitas yang disebut OpenRicers. OpenRicers terbuka untuk siapa saja yang mencintai dunia kuliner. Melalui OpenRice.com, OpenRicers dapat saling sharing dan berbagi pengalaman mengenai dunia makanan. Tidak hanya itu, OpenRice.com juga memiliki acara offline bernama OpenRice Gathering yang bertujuan mengumpulkan OpenRicers dan me-review restoran secara bersama-sama. Sejauh ini, jumlah total OpenRicers sudah mencapai lebih dari 10.000 member.

Bila Anda mengakses  www.OpenRice.com, bisa dilihat betapa menarik fitur-fitur serta kelengkapan yang ditawarkan situs web ini. Untuk informasi restoran, OpenRice.com menyediakan Sponsor Listing, Banner, Featured Restaurant, Featured Delicacies, What’s New, Foodnews, dan Featured Promo. Di setiap fitur ini, restoran-restoran bisa mengeksplor lebih jauh mengenai promo restoran mereka sendiri.

“Selain itu, untuk member OpenRicers, kami menyediakan fasilitas review dan upload foto/video, sehingga mereka dapat share ke teman-teman mereka melalui account Facebook atau Twitter. Jadi, OpenRicers dapat me-review restoran favoritnya, sekaligus berinteraksi seperti memberikan komentar review terhadap sesama OpenRicers,” sambung Sherly.

Tidak hanya itu, OpenRice.com juga dilengkapi dengan fasilitas mapping untuk mempermudah pengunjung mencari restoran yang ingin dituju dan sekaligus mengetahui restoran lainnya yang ada  di sekitar daerah tersebut. Uniknya, OpenRicers juga dapat submit resep buatan mereka sendiri di “Featured Recipe”. Para OpenRicers juga bisa menikmati diskon langsung dari restoran favorit mereka. Caranya hanya dengan mencetak kupon gratis yang disediakan di situs web OpenRice.com, khususnya pada saat section promo.
Usaha seperti ini bukanlah bisnis komunitas semata, tetapi juga harus mampu menghasilkan revenue. Untuk itu, perlu adanya kerja sama yang baik dan saling menguntungkan. Pun sama halnya dengan OpenRice.com, situs web ini telah melakukan kerja sama dengan beberapa restoran, kafe, dan tempat-tempat kuliner lain. Tentunya, sebagai wadah promosi atas restoran mereka sendiri.

“Kami memiliki promo restoran dimana restoran-restoran tersebut bisa memasukkan promosi bebas tanpa biaya. Sejauh ini responsnya cukup positif baik dari sisi Openricers maupun pihak restoran itu sendiri,” papar Sherly melanjutkan.

Lantaran bisnis ini bersifat online, promosi pun dilancarkan lewat dunia maya, yaitu dengan media partnership dan social media networking, melalui Facebook, Twitter, dan media lainnya. Selain itu, mulai November 2010, OpenRice.com juga melakukan aktivitas promo seperti “Get Blackberry and Free Movie Ticket”. Setiap tiga review yang ditayangkan, OpenRicers secara langsung berhak mendapat satu tiket nonton film gratis dan di akhir periode akan diumumkan pemenang Blackberry untuk OpenRicer terbaik.

Sherly mengatakan, sejak diresmikan pada April tahun lalu, OpenRice.com sudah memiliki kurang lebih 16.000 database restoran di wilayah Jakarta dan Bandung. “Harapan kami pastinya jumlah tersebut akan semakin meningkat dan semakin banyak orang yang mengenal dan menggunakan OpenRice.com sebagai panduan kuliner. Tidak hanya di Jakarta dan Bandung, tetapi di seluruh Indonesia,” pungkasnya. (Merliyani Pertiwi)

OPEN SNAP
Open Snap adalah aplikasi foto panduan makanan yang bisa kita unduh di hape android melalui play store.
Menggunakan aplikasi pen snap adalah cara paling cepat untuk menemukan restoran saat di jalan.

OpenSnap diciptakan oleh tim terbaik, memanfaatkan konten OpenRice dari 1 juta restoran di seluruh Asia. Kombinasi antara semangat yang tinggi akan makanan dan pengetahuan dalam industri kuliner merupakan resep yang sempurna untuk panduan foto makanan.
-Cara baru untuk jelajah
-Hanya dengan klik, cara tercepat mengetahui makanan tanpa harus ketik!!
-Cari restoran dari nilai makanan. Restoran dengan nilai terbaik diatas!
-Penunjuk halaman pribadi: Makanan, lokasi favorit dan penawaran tersusun dengan rapi dalam satu map.
-Album foto personal: Tidak ada lagi foto-foto yang berantakan di smartphone Anda, semua foto akan tersusun rapi berdasarkan restoran, tanggal- jurnal makan Anda! (tanpa menulis)
-Personalisasi sosial: Selain semua fitur sosial standar , ikuti Foodies sesuai dengan selera Anda. Menciptakan komunitas makanan yang akrab.
-Info restoran di SEMUA foto: Dapatkan akses untuk alamat, peta, nomor telpon, ulasan dan makanan khas di setiap halaman, cukup klik nama restoran yang Anda lihat!

*Fitur*
- Browse - Jelajah dari makanan, lokasi (kota dan tingkat negara) gunakan juga penyaringan untuk memperkecil hasil pencarian!
- Offers - Nikmati penawaran dari restoran dan kartu kredit - New restaurant - Bosan dengan restoran lama? temukan restoran baru setiap hari!
- Bookmark - Tandai restoran, penawaran, topik atau foto- tandai apa pun yang ingin kamu coba! - Rating- Gunakan fungsi penilaian untuk menilai rasa makanan. Penilaian ini juga bisa dijadikan rekomendasi rasa makanan
- Nearby - Cari restoran terdekat yang kamu suka dan saring pencarian dari makanan, tipe restoran danpenawaran!
- Personalized Albums - Foto akan otomatis terbagi berdasarkan restoran dan masakan rumah, pas untuk perjalanan wisata kuliner Anda.
- Restaurant details - Lihat restoran, alamat, nomor telephone, peta dan review OpenRice sebelum berkunjung.

Ikuti informasi terbaru kami:
Visit us : www.opensnap.com
EMAIL : support@OpenSnap.com
Like Us : facebook.com/opensnap
FOLLOW US : twitter.com/opensnap

2 komentar: