Welcome, Selamat Datang, Ahlan Wa Sahlan

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga bisa menambah relasi pertemanan dan mengikat tali silaturahmi. Blog ini berisi penuh cerita tentang dunia menulis, kuliner, crafting, islamic, pendidikan dan gardening. Sungguh senang jika anda berkenan meninggalkan jejak dan pesan di blog ini. Selamat membaca, semoga bermanfaat:D.

Sabtu, 01 Agustus 2015

MEMBUAT SEPREI, SARUNG BANTAL, SARUNG GULING SENDIRI

Membeli seprei, sarung bantal juga sarung guling dalam satu set terkesan simple dan tak ribet. namun sering kali jumlah sarung bantal, sarung guling juga ukuran seprei tak sesuai dengan ukuran kasur, juga bantal guling di rumah. mau bikin sendiri? Bisa kok! Yuk dicoba...!

Sprei
  1. Ini adalah pola sprei. Ukuran 1 m dan 2 m itu adalah ukuran kasur saya. Garis putus-putus sepanjang 22 cm itu diukur berdasarkan tinggi/tebal kasur. Pola bergaris putus-putus tidak perlu dipotong.
  2. Setelah seluruh keliling kain dikelim (dijahit kecil), pasang sisi kain seperti gambar di atas, letakkan tiap sisi pas pada ukuran 22 cm, yaitu ukuran tebal kasur. Lalu buatlah garis seperti digambar di atas yaitu garis kuning pada. Lakukan ini pada keempat sudut sprei.
  3. Lipat segitiga, temukan kedua garis kuning tadi, lalu jahit pas di garis kuning. Lakukan ini pada keempat sudut. Sudut sprei pun terbentuklah
  4. Lipat segitiga tadi ke salah satu sisi sprei, lalu jahit.
    Siapkan karet elastis yang biasa untuk pinggang rok/celana. Gunting sekitar 20 cm. Lalu ganjal dengan jarum pentul seperti foto di atas, jangan lupa untuk melebihkan kain, lalu jahitlah karet pada sprei. Sewaktu menjahit tariklah karet semaksimal mungkin hingga terjahit rata pada kain sprei.
 

Sarung Guling
  1. Guntinglah kain sesuai pola di atas. Saya memakai ukuran guling standard, silakan ukur dulu guling teman2 supaya pas. Karena ada beberapa type guling yang ukurannya beda. Pola diatas belum termasuk lebihan untuk jarak jahitan. Silakan tambahkan sekitar 1 cm di semua keliling kain untuk jahitan.a ke b adalah keliman, lakukan untuk kedua sisi kanan dan kiri. Pertama, jahitlah dulu bagian d ke e membentuk lingkaran sarung guling. Tapi.... perhatikan gambar #13 untuk posisi jahitannya.
  2. Garis a adalah hasil jahitan sisi d & e dari gambar #12. Pada waktu mulai menjahit, berilah jarak sekitar 6 cm dari tepi atas, baru mulailah menjahit. Jarak ini adalah untuk ruang membuat tempat tali. Nah setelah menjahit a, buka kain seperti gambar di atas, lalu buat jahitan b untuk mematikan lipatan tempat tali, lakukan di kedua posisi yang berseberangan itu. Lalu, lipat garis c ke arah luar, lipat lagi di garis d, jahit pada garis d untuk membuat tempat tali.
  3. Setelah dijahit jadinya seperti ini. Tahap terakhir adalah memasang tali. Masukkan tali dengan bantuan peniti.
  4. Selesai... semoga bermanfaat. Keren kan kalau bisa bikin sprei sendiri... karena lebih sesuai dengan kasur yang biasanya tidak berukuran sama dengan sprei yang dibeli.

Sarung Bantal  
  1. Ini adalah pola sarung bantal. Saya pakai ukuran bantal standard, lebih baik ukurlah bantal anda dahulu daripada beda ukuran. Belum termasuk lebihan kain untuk jahitan. Oiya, ukuran ini lebih besar sekitar 5 cm untuk variasi model, lihat pada foto #11.
    Setelah digunting sesuai ukuran, kelim sisi a dan b terlebih dahulu.
    Lalu lipat sisi b ke dalam, lipat sisi a ke dalam. Setelah itu jahit kedua sisi atas dan bawah. Untuk jelasnya posisi kain bisa dilihat di foto #8
  2. Inilah posisinya. Sebelah kanan itu adalah sisi a, tampak keliman kecil untuk sisi a.
  3. Setelah sisi atas dan bawah dijahit, baliklah sarung bantal menjadi sisi kain bagus berada di luar, sisi kain jelek berada di dalam. Foto diatas adalah bagian belakang sarung bantal.
  4. Ini adalah posisi depan dari sarung bantal 

3 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  2. Wiiiih kreatippp... mksih mak sharingnya

    BalasHapus
  3. mantap kreatiphttp://9kes.com/ sekali

    BalasHapus