Welcome, Selamat Datang, Ahlan Wa Sahlan

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga bisa menambah relasi pertemanan dan mengikat tali silaturahmi. Blog ini berisi penuh cerita tentang dunia menulis, kuliner, crafting, islamic, pendidikan dan gardening. Sungguh senang jika anda berkenan meninggalkan jejak dan pesan di blog ini. Selamat membaca, semoga bermanfaat:D.

Jumat, 19 Juli 2013

MEMBUAT MUKENA/ RUKUH MODEL ATAS-BAWAHAN SENDIRI

Sebagai muslimah, tentu kita sering memerlukan mukena/ rukuh untuk menutup aurat kala melaksanakan ibadah sholat. Nah, di pasaran tentu kita dapatkan beraneka ragam model dan ukuran. Namun sesekali kitapun bisa membuat kreasi mukena sendiri.Oh ya, jika ternyata Anda bisa membikin mukena nantinya, itu tak hanya sekedar  koleksi untuk ganti jika mukena kotor tapi bisa juga untuk nambah penghasilan jika Anda mau menjualnya he...he...! 


Berbagai kreasi mukena bisa kita buat, mulai dari sekedar ditambah lipit-lipit, renda, aplikasi, bordir, sulam pita maupun benang hingga diberi borji. Anda bisa membuatnya sendiri lho, saya akan membagikan dasar pembuatan mukena model atas-bawahan. Semoga bermanfaat bagi Anda!  

Beberapa ukuran bisa Anda gunakan sebagai pedoman yaitu :


Standard Ukuran
Usia
Pemakai
XS
3 - 5 tahun
Anak-anak
S
6 – 8 tahun
Anak-anak
M
9 – 11 tahun
Anak-anak
L
12 – 14 tahun
Bisa digunakan untuk dewasa


Pola dan ukuran mukena atasan bisa Anda buat dengan pedoman seperti di bawah ini :




Ukuran
XS
S
M
L
AC (ujung kepala sampai dibawah lutut  hingga10cm)
75 cm
85 cm
95 cm
115 cm
AB (ujung kepala sampai lutut)
70 cm
80 cm
90 cm
105 cm
AD (lubang wajah)
27 cm
28 cm
29 cm
30 cm


Pola mukena bagian muka





Sedangkan pola bawahan (rok mukena) dan ukurannya bisa Anda buat dengan pedoman ukuran berikut ini:

Ukuran
XS
S
M
L
EF x EG
65 x 115
75 x 115
85 x 125
95 x 140
Kerutan rok (hiasan) bagian bawah
6 x 175
6 x 180
8 x 190
8 x 215
  

Garis di bawah titik EF adalah untuk jahitan tempat  lubang elastis.
Pola Rok Mukena
Selamat Mencoba ! Semoga sukses!


20 komentar:

  1. Aihhh... ini bukannya jadinya lebih panjang bagian belakang?

    BalasHapus
  2. iya mbak Ade Anita :), kalau saya cenderung suka panjang yang belakang. Makasih udah berkunjung...!:D

    BalasHapus
  3. ntar aku mau tunjukin artikel ini ke istriku..siapa tahu bisa bikin mukenah sendiri.....salam kemerdekaan :-)

    BalasHapus
  4. Terimakasih sharingnya sis. Please follow back blog saya ya. Salam.
    www.sinta-rahmi.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Bak, berapa ya bahan yang di perlukan untuk mukena atasnya saja, saya pengen l coba buat mukena sendiri

    BalasHapus
  6. @myra anastasia : do'akan bener-bener rajin ya mak...!

    BalasHapus
  7. @BlogsOf Hariyanto : Insya Allah istrinya bisa Pak, sukses!

    BalasHapus
  8. @Rumah Qta ; Thanks kunjungannya.

    BalasHapus
  9. @ luky widiastuti : Untuk bahan atasan, tergantung berapa lebar (engkok) kain. Di pasaran ada yang 115 cm. 120cm, dan 150 cm. jika kain lebar 115, maka mbak bisa membeli 2,5 meter. yang 215 cm untuk mukena atasan, yang 35 cm bisa dibagi lagi untuk membuat kerutan. Selamat membuat. share kalau sukses ya mbak:) thanks.

    BalasHapus
  10. kalo dibaca teorinya kok gampang ya hehehe...saya mau coba belajar bikin pake pola ibu Gesang aah ... doakan berhasil ya

    BalasHapus
  11. @Meisy Insani : Amin, share ya kalau berhasil:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibuuu !! aku sudah berhasil meski dengan perjuangan jahit dedel hihihi namanya juga pemula ... Terima kasih banyak untuk pelajarannya. Share pola lain lagi donk Bu ... ketagihan niih

      Hapus
  12. Trimakasih mba, akan saya coba mudah2an berkah ya mba...

    BalasHapus
  13. makasih mba, ijin nyontek bikin polanya ^_^

    BalasHapus
  14. Mba Gesang, terima kasih banget ulasannya bermanfaat sekali untuk saya yang pengen jahit mukena untuk saya dan anak saya pengennya bikin kembaran, (yang jahit saudara saya, saya hanya sediakan bahannya saja heheheee).
    Mba maaf saya kan awam dalam jahit menjahit jadi tidak begitu ngerti pola, boleh diinfo Mba kalo untuk mukena ukuran dewasa itu total untuk atasannya berapa meter dan bawahannya berapa meter mba ?
    Terima kasih banyak atas perhatian dan bantuannya.

    Salam,
    Andin :)

    BalasHapus
  15. bunda khanza : pada dasarnya kain di pasaran dijual dengan engkok/lebar kain 115cm dan 150cm. Bunda perlu sekitar 2,5 meter kain untuk atasan dewasa jika engkok kain hanya 115cm, sedangkan bawahan butuh sekitar 1,6 meter. Untuk anak bunda khanza saya tak tahu ukuran atau usianya jadi silahkan diseduaikan dengan standar ukuran. semoga sukses ya bunda, kabari kalau sudah jadi:)

    BalasHapus
  16. Mbak klo lebar kain yg 150cm butuh brp meter y mb? Terus untuk bawahan brp meter juga mb? Dan untuk pola rok/ bawahan mukenah apa cuma kotak aja gitu mb?
    Mohon infonya.. Terima kasih

    BalasHapus