Welcome, Selamat Datang, Ahlan Wa Sahlan

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga bisa menambah relasi pertemanan dan mengikat tali silaturahmi. Blog ini berisi penuh cerita tentang dunia menulis, kuliner, crafting, islamic, pendidikan dan gardening. Sungguh senang jika anda berkenan meninggalkan jejak dan pesan di blog ini. Selamat membaca, semoga bermanfaat:D.

Jumat, 19 Juli 2013

MEMBUAT MUKENA/ RUKUH MODEL ATAS-BAWAHAN SENDIRI

Sebagai muslimah, tentu kita sering memerlukan mukena/ rukuh untuk menutup aurat kala melaksanakan ibadah sholat. Nah, di pasaran tentu kita dapatkan beraneka ragam model dan ukuran. Namun sesekali kitapun bisa membuat kreasi mukena sendiri.Oh ya, jika ternyata Anda bisa membikin mukena nantinya, itu tak hanya sekedar  koleksi untuk ganti jika mukena kotor tapi bisa juga untuk nambah penghasilan jika Anda mau menjualnya he...he...! 


Berbagai kreasi mukena bisa kita buat, mulai dari sekedar ditambah lipit-lipit, renda, aplikasi, bordir, sulam pita maupun benang hingga diberi borji. Anda bisa membuatnya sendiri lho, saya akan membagikan dasar pembuatan mukena model atas-bawahan. Semoga bermanfaat bagi Anda!  

Beberapa ukuran bisa Anda gunakan sebagai pedoman yaitu :


Standard Ukuran
Usia
Pemakai
XS
3 - 5 tahun
Anak-anak
S
6 – 8 tahun
Anak-anak
M
9 – 11 tahun
Anak-anak
L
12 – 14 tahun
Bisa digunakan untuk dewasa


Pola dan ukuran mukena atasan bisa Anda buat dengan pedoman seperti di bawah ini :




Ukuran
XS
S
M
L
AC (ujung kepala sampai dibawah lutut  hingga10cm)
75 cm
85 cm
95 cm
115 cm
AB (ujung kepala sampai lutut)
70 cm
80 cm
90 cm
105 cm
AD (lubang wajah)
27 cm
28 cm
29 cm
30 cm


Pola mukena bagian muka





Sedangkan pola bawahan (rok mukena) dan ukurannya bisa Anda buat dengan pedoman ukuran berikut ini:

Ukuran
XS
S
M
L
EF x EG
65 x 115
75 x 115
85 x 125
95 x 140
Kerutan rok (hiasan) bagian bawah
6 x 175
6 x 180
8 x 190
8 x 215
  

Garis di bawah titik EF adalah untuk jahitan tempat  lubang elastis.
Pola Rok Mukena
Selamat Mencoba ! Semoga sukses!

Ini beberapa hasil jahitan saya! Mukena katun jepang.


45 komentar:

  1. Aihhh... ini bukannya jadinya lebih panjang bagian belakang?

    BalasHapus
  2. iya mbak Ade Anita :), kalau saya cenderung suka panjang yang belakang. Makasih udah berkunjung...!:D

    BalasHapus
  3. ntar aku mau tunjukin artikel ini ke istriku..siapa tahu bisa bikin mukenah sendiri.....salam kemerdekaan :-)

    BalasHapus
  4. Terimakasih sharingnya sis. Please follow back blog saya ya. Salam.
    www.sinta-rahmi.blogspot.com

    BalasHapus
  5. Bak, berapa ya bahan yang di perlukan untuk mukena atasnya saja, saya pengen l coba buat mukena sendiri

    BalasHapus
  6. @myra anastasia : do'akan bener-bener rajin ya mak...!

    BalasHapus
  7. @BlogsOf Hariyanto : Insya Allah istrinya bisa Pak, sukses!

    BalasHapus
  8. @ luky widiastuti : Untuk bahan atasan, tergantung berapa lebar (engkok) kain. Di pasaran ada yang 115 cm. 120cm, dan 150 cm. jika kain lebar 115, maka mbak bisa membeli 2,5 meter. yang 215 cm untuk mukena atasan, yang 35 cm bisa dibagi lagi untuk membuat kerutan. Selamat membuat. share kalau sukses ya mbak:) thanks.

    BalasHapus
  9. kalo dibaca teorinya kok gampang ya hehehe...saya mau coba belajar bikin pake pola ibu Gesang aah ... doakan berhasil ya

    BalasHapus
  10. @Meisy Insani : Amin, share ya kalau berhasil:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ibuuu !! aku sudah berhasil meski dengan perjuangan jahit dedel hihihi namanya juga pemula ... Terima kasih banyak untuk pelajarannya. Share pola lain lagi donk Bu ... ketagihan niih

      Hapus
  11. Trimakasih mba, akan saya coba mudah2an berkah ya mba...

    BalasHapus
  12. makasih mba, ijin nyontek bikin polanya ^_^

    BalasHapus
  13. Mba Gesang, terima kasih banget ulasannya bermanfaat sekali untuk saya yang pengen jahit mukena untuk saya dan anak saya pengennya bikin kembaran, (yang jahit saudara saya, saya hanya sediakan bahannya saja heheheee).
    Mba maaf saya kan awam dalam jahit menjahit jadi tidak begitu ngerti pola, boleh diinfo Mba kalo untuk mukena ukuran dewasa itu total untuk atasannya berapa meter dan bawahannya berapa meter mba ?
    Terima kasih banyak atas perhatian dan bantuannya.

    Salam,
    Andin :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. bunda khanza : pada dasarnya kain di pasaran dijual dengan engkok/lebar kain 115cm dan 150cm. Bunda perlu sekitar 2,5 meter kain untuk atasan dewasa jika engkok kain hanya 115cm, sedangkan bawahan butuh sekitar 1,6 meter. Untuk anak bunda khanza saya tak tahu ukuran atau usianya jadi silahkan diseduaikan dengan standar ukuran. semoga sukses ya bunda, kabari kalau sudah jadi:)

      Hapus
  14. bunda khanza : pada dasarnya kain di pasaran dijual dengan engkok/lebar kain 115cm dan 150cm. Bunda perlu sekitar 2,5 meter kain untuk atasan dewasa jika engkok kain hanya 115cm, sedangkan bawahan butuh sekitar 1,6 meter. Untuk anak bunda khanza saya tak tahu ukuran atau usianya jadi silahkan diseduaikan dengan standar ukuran. semoga sukses ya bunda, kabari kalau sudah jadi:)

    BalasHapus
  15. Mbak klo lebar kain yg 150cm butuh brp meter y mb? Terus untuk bawahan brp meter juga mb? Dan untuk pola rok/ bawahan mukenah apa cuma kotak aja gitu mb?
    Mohon infonya.. Terima kasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pola yang saya buat, untuk ukuran dewasa lebih mudah memakai ukuran lebar kain 115 cm, kalau pakai yang 1,5 meter bisa saja mbak nanti sisa kain untuk membuat rumbai-rumbai atau aplikasi lain. Atasan butuh 210 cm, sedangkan bawahan butuh 1 meter. Lebih aman mbak membeli kain ukuran lebar 1,5 meter sepanjang 3,75. Semoga sukses ya mbak...! Kabari ya mbak gadis hayu kalu sukses.

      Hapus
    2. Mbak,, Alhamdulillah aku uda belajar buat mukenah.. Aku uda bisa bikin 4 mbak... Hehe..
      Makasih ya mbak untuk info nya...
      Sangat bermanfaat.. :)

      Hapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Terima kasih infonya, saya lagi mencari yang Jual Mukena Murah dimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Mbak Adeline Niesha. Saya ada juga jual mukena murah mulai harga Rp.25.000,- per pcs. Harga variasi hingga ratusan ribu rupiah. Kontak saya di 085645008668, bisa sms, wa, maupun telpon. Jika beli grosir harga khusus.

      Hapus
  18. Mbak kalo lebar kain 150cm untuk atasannya berapa panjangnyaa ya mbak?? Untuk bawahan dengan lebar 150cm berapa? Mohon infonya ya mbaaak

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau pola yang saya buat, untuk ukuran dewasa lebih mudah memakai ukuran lebar kain 115 cm, kalau pakai yang 1,5 meter bisa saja mbak nanti sisa kain untuk membuat rumbai-rumbai atau aplikasi lain. Atasan butuh 210 cm, sedangkan bawahan butuh 1 meter. Lebih aman mbak membeli kain ukuran lebar 1,5 meter sepanjang 3,75. Semoga sukses ya mbak...! Kabari ya mbak Asta Firani kalau sukses.

      Hapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. Mba, ukuran itu ukuran motongnya?
    Trus uk. Lebarnya itu dikali 2 ??

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  23. Klo lebar kain 240cm butuh brp meter utk mukena dewasa mbak say?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung tinggi badannya mba. Dengan tinggi badan 160 cukup 2 m kurang. Gambar pola sebenarnya di kertas, nanti bisa kok memperkirakan yg lbh pas

      Hapus
    2. 2m itu untuk atasannya aja atau uda keseluruhan?

      Hapus
  24. kalau lebar kain 150 cm, butuh berapa meter yah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo pake kain 150 akan banyak sisa kain mbak. Tp standar siapkan 4 kain. Sisa kain bisa untuk pakaian anak-anak

      Hapus
  25. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  26. Untuk komentar-komentar spam dan ngiklan gratis tanpa ijin lewat artikel ini saya hapus.

    BalasHapus
  27. Assalamualaikum
    Saya Sari. Singkat cerita aku punya teman dan mereka kebetulan sudah memiliki anak sebanyak 2, usia kurang lebih 5 tahun (yang cewek)sampe 10 tahuan (yang cowok), kebetulan teman saya itu (sepasang suami istri ini) sudah meninggal dunia tapi masih punya nenek dan beberapa adek dan kakak dari teman saya (keluarga almarhum sang suami). Alhamdulillahnya saya sudah kenal dengan kedua anak yatim-piatu itu selama sang ayahnya mereka masih hidup, karena kebetulan ayahnya (almarhum) teman dekat saya n saya sangat dekat dengan dunia anak2 apapun itu. setelah sepasang suami-istri ini meninggal, saya merasa sebagai pengganti orangtua mereka walaupun tidak sepenuhnya biaya kehidupan dari saya, saya dianggap kakak bagi kedua anak tersebut. Disini, saya sangat sedih sekali, si icha anak cewek berusia 5-7 tahun ini "hanya punya satu alat solat dan mungkin sudah rusak atau sudah tidak layak pakai" apalagi sang kakak si aji namanya hanya mempunyai alat solat (sarung dan peci) yang sudah kucel, bau dan mungkin tidak layak pakai. Niat saya bersama teman ingin memberikan seperangkat alat solat untuk anak2 itu namun karena keterbatasan dana sehingga kami berdua mengulurkan waktu untuk mewujudkannya, saya sangat amat berdosa karena tidak bisa menepati janji saya kepada mereka ingin memberikan sesuatu kepada mereka. Apakah mbak/bunda/ibu Gesang Sari Mawarni bisa membantu saya untuk memecahkan masalah ini? Sekian dan terimakasih
    Wassalamualaikum Wr. Wb.

    BalasHapus
  28. Assalammualaikum bu gesang,makasih sharingnya..saya barj mau coba xixixixi jetinggalan jauh ya ^_^..mau tanya bu,klo untuk kerutan hias atasan bagusnya ukuran L itu pnjang ama lebarnya brp?makasih banyak bu

    BalasHapus
  29. Total untuk membuat mukena 1 set butuh kain berpa meter ya mba?

    BalasHapus
  30. Total untuk membuat mukena 1 set butuh kain berpa meter ya mba?

    BalasHapus
  31. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus