Welcome, Selamat Datang, Ahlan Wa Sahlan

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga bisa menambah relasi pertemanan dan mengikat tali silaturahmi. Blog ini berisi penuh cerita tentang dunia menulis, kuliner, crafting, islamic, pendidikan dan gardening. Sungguh senang jika anda berkenan meninggalkan jejak dan pesan di blog ini. Selamat membaca, semoga bermanfaat:D.

Selasa, 07 Juni 2016

#FbStart Workshop Jakarta Sebuah Edukasi Facebook untuk Pengusaha Digital Indonesia (Bagian 1)

Beberapa pekan lalu, saya iseng mengisi sebuah formulir pendaftaran acara yang diadakan Facebook lewat iklan yang tiba-tiba muncul di beranda Facebook saya. Pada awalnya agak aneh dan tak percaya  sebenarnya jika itu acara yang diadakan oleh media sosial Facebook yang begitu familiar itu. Suer...belum pernah dengar Facebook adakan acara. Sampai hari H-1 saya terima email di akun gmail saya,  wah surprise ternyata benar dari Facebook langsung dan sebuah konfirmasi kalau saya diundang di  Dian Ballroom A, Hotel Raffles Jakarta, Tepatnya di Ciputra World 1, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 3-5, Jakarta.

Baca Worksop Start Up di undangan itu, harapan dan cita saya begitu menggelora, "Wah baik banget nih si Facebook bikin workshop buat pengusaha pemula". Secara saya memang sedang merintis beberapa usaha dan merasa belum optimal terhadap hasilnya, bersemangatlah saya datang di acara #FbStartJakarta. Meskipun beberapa kali saya ikut workshop optimalisasi monetize Facebook dengan pembicara lokal.
 

Hari Sabtu pagi, tanggal 4 Juni 2016, sampai lift Hotel Raffles saya barengan dengan programmer medsos Kaskus yang terkenal di Indonesia itu, eh begitu dapat duduk di tempat workshop deketan ma programmer dari Happy Fresh aplikasi pesan sayuran dan buah segar. Eh sebelah saya lagi ternyata mas-mas programer  dari Asiatech. Maka mulai bengonglah saya, karena yang pada datang adalah para programer. Jangan-jangan saya salah kamar? Eh ternyata benar saudara-saudara. Acara ini ternyata untuk pengusaha digital. Wkwkwk....! :D


Namun sebagai blogger alias netizen jurnalisme, tak ada sesuatu yang tidak bisa diberitakan. Apapun bisa saya beritakan dan bagi buat Anda,agar juga bisa merasakan suasana alias aura barengan ama para programer Facebook. Akun media sosial yang cukup akrab bagi saya bahkan mungkin juga Anda. Terlepas dari kemudharatan karena bikin lupa waktu, bagi saya Facebook telah banyak memberi manfaat pada saya.

Tahun ini adalah tahun ketiga penyenggaraan FbStart di dunia. Di Indonesia acara yang ke-4 dan semuanya berada di Jakarta. Acara Juni tahun ini adalah acara terbesar diantara acara-acara sebelumnya. kurang lebih 500 an orang hadir di Hotel Raffles untuk ikut acara ini.

Facebook mensosialisasikan programnya yang fokus pada pemberian bantuan kepada pelaku mobile startup di seluruh dunia agar sukses melalui penyediaan perangkat, layanan, keuntungan dari para mitra serta mentoring secara gratis atau cuma-cuma.

Selama acara ini, Director of Global Product Partnerships at Facebook, Ime Archibong dan Product Partnerships Lead of Southeast Asia, Alice Wei berbicara mengenai bagaimana membantu para pengembang aplikasi di Indonesia untuk membangun dan mengembangkan bisnis mereka.
“Tahun ini kami memperluas kelebihan dari FbStart yang sudah tersedia bagi para anggota dan kami mengadakan acara di lebih dari 20 kota di seluruh dunia, termasuk Jakarta,” ujar Archibong. “Kami berkomitmen untuk membantu pengembang aplikasi lokal dalam menjangkau lebih dari 84 juta pengguna Facebook di Indonesia dan membantu mereka dalam mencapai tujuan bisnisnya.”

Pengembang Indonesia, Lingga Madu, dari Sale Stock dan Abdur Sayaf, dari Cupslice turut bergabung dalam acara ini untuk berbagi cerita mengenai bagaimana aplikasi mereka dapat berkembang menggunakan Facebook. 
Keterangan foto : Perwakilan Facebook beserta mitra Facebook [kiri - kanan] Ime Archibong, Director of Global Product Partnerships at Facebook; Lingga Madu, Co-Founder Sale Stock; Alice Wei, Product Partnerships, SEA at Facebook; Abdur Sayaf, Founder Cupslice
Kisah Sukses Startup Sale Stock dan Copslice di Indonesia

1. SALE STOCK
Sale Stock adalah situs e-commerce terkenal di Indonesia yang menawarkan pilihan beragam untuk busana wanita dengan harga terjangkau.Co Founder Sale Stock berbagi tentang bagaimana mereka menggunakan Facebook: Menghadapi permasalahan dimana pengguna mengabaikan keranjang belanjanya, Sale Stock menggunakan Facebook Analytics untuk Aplikasi dan Iklan Facebook Aplikasi Mobile untuk mendorong pengguna agar menuntaskan pembeliannya.

Selain itu dia juga berbagi bagaimana meraih kesuksesan dengan Facebook. Lingga Madu bercerita bahwa,  Facebook Analytics untuk Aplikasi Sale Stock telah memberikan kemampuan untuk menganalisa perilaku konsumen. Facebook App Ads mampu membuat kampanye Sale Stock mengungguli kampanye aplikasi lainnya yang tidak pakai Facebook Analytics hingga 20 kali. Sedangkan pengguna aplikasi Sale Stock 25 %ternyata lebih memilih menggunakan  Facebook Login untuk mengakses aplikasi. Karena ditemukan bahwa rata-rata malas mempunyai banyak password di banyak akun.


Aplikasi Sale Stock di App Store



2. CUPSLICE
Cupslice adalah aplikasi foto yang mudah digunakan agar pengguna bisa menciptakan foto indah untuk di-share atau dibagikan ke orang terdekatnya menggunakan filter, bingkai (frame), badge dan stiker sesuai dengan tren media sosial terkini.

Menurut Abdur Sayaf, Founder Cupslice, setelah 3 bulan menggunakan Facebook dia sukses mengalami kenaikan 20% jumlah unduhan.


Aplikasi Cupslice di App Store

Statistik Ekosistem Facebook Developer
Selama 3 tahun ini, statistik Facebook developer memperlihatkan lebih dari 70% ekositem pengembang aplikasi berbasis di luar Amerika Serikat.  APAC adalah wilayah dengan pertumbuhan tercepat berdasarkan jumlah aplikasi yang terintegrasi dengan Facebook. Lebih dari 80% dari top 100 aplikasi iOS dan top 100 aplikasi Android di India, Vietnam, Taiwan dan Indonesia telah terintegrasi dengan Facebook.



(Bersambung)

10 komentar:

  1. Wah, tahun depan kayaknya kita (saya ^_^) harus ikutan acara, ini nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo cegat acara ini tahun depan Koko Nata...

      Hapus
  2. mauuuuu ikutan acara begini mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo...cegat acara serupa ini tahun depan ya...!

      Hapus
  3. Balasan
    1. Tunggu sambungannya biar segera tayang ya mbak...

      Hapus
  4. Bagus sih...tp blitar jakarta,waktunya...bikin mmmm gitu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dody Fariadi ada email undangannya kok...ditunggu aja tahun depan!

      Hapus
    2. Hihihi...bisa disiasati kok waktunya Dody...!

      Hapus