Welcome, Selamat Datang, Ahlan Wa Sahlan

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga bisa menambah relasi pertemanan dan mengikat tali silaturahmi. Blog ini berisi penuh cerita tentang dunia menulis, kuliner, crafting, islamic, pendidikan dan gardening. Sungguh senang jika anda berkenan meninggalkan jejak dan pesan di blog ini. Selamat membaca, semoga bermanfaat:D.

Rabu, 04 Februari 2015

MEMPERBUDAK MAGIC COM

Pernah keidean memasak aneka rupa dengan magic com? Mungkin gas sedang habis atau kompor sedang rusak, sedang anggaran belanja sudah menipis. Tara...! Saya punya cerita nih!



Suatu hari, kompor di rumah rusak. Tengah bulan lagi, artinya anggaran belanja hampir habis. Biasalah, suami saya gajian justru di akhir bulan, artinya saya harus super duper hemat. Membeli kompor baru sebenarnya bisa, dengan konsekuensi membobol tabungan, tapi...eits sayang banget kalau ternyata kompor masih bisa diperbaiki. Akhirnya kompor gas kami satu-satunya kami antrikan di tukang servis.

Sehari, dua hari, kami tengok kompor kami di tukang servis, eits...! Belum diapa-apakan bo...! Antriannya panjang tak ewer-ewer...! Karena kompor kata"dokter"nya masih ada harapan sehat, akhirnya kami tetap bersabar.

Yang jadi masalah adalah, si tukang servis tak bisa menentukan berapa lama barang servisan itu bisa kelar. Saya menghitung isi dompet jatah untuk belanja yang tak mungkin cukup jika kami harus beli makan di warung, alias beli masakan matang. Dengan memutar otak akhirnya saya tetap memasak sendiri untuk keluarga dengan peralatan seadanya. Maka jadilah saya memperbudak magic com yang biasanya hanya saya gunakan untuk memasak nasi. Yang istimewa, saya berhasil trial menggoreng dengan magic com.

Ada alat masak jenis baru dengan fungsi seperti magic com, keunggulannya dia bisa dipakai untuk memanggang kue juga. Aduh saya lupa namanya. Kalau punya saya seperti itu mungkin Anda tak heran, punya saya mah... magic com merk Miyako yang biasa bo...!  Tapi jadi luar biasa manfaatnya. Awalnya kalau kita baca di promosi produknya, hanya bisa digunakan untuk mengukus, memanaskan dan memasak, tak ada ilustrasi bisa untukmenggoreng.

Tips menggoreng  dengan magic com.
  1.  Pastikan minyak tak terlalu banyak juga tak terlalu sedikit. Terlalu banyak membuat minyak berbahaya ketika mendidih, bisa memercik jika kita membuka tutup magic com untuk mengecek apakah yang kita goreng telah matang atau belum. Sedangkan jika terlalu sedikit  tombol akan sering berpindah posisi ke posisi matang, padahal yang kita goreng belum matang. Saya tidak merekomendasikan untuk mendadar telur dengan magic com.
  2.  Sering-seringlah mengubah posisi tombol jika yang digoreng belum matang ke arah posisi "cook". Jika minyak mendidih kadang posisi tombol berubah pada posisi "warm" padahal yang kita goreng belum matang.
Nah, terakhir saya akan menampilkan gambar hasil masakan saya dengan magic com. He...he...tak terlalu mengecewakan kan?

Menu sarapan dan makan siang terdiri dari nasi pecel, tempe goreng, tumis kangkung, dan telur rebus. Semua terhidang dari macic com, kecuali sambal pecel hadiah rekan saya. Saya tinggal mencampurnya dengan air hangat saja sebelum menikmatinya.

Oke selamat mencoba, mungkin bermanfaat suatu ketika saat Anda membutuhkannya.



11 komentar:

  1. Jiaaahhhhh....begini nih yg namanya emak kreatif. Etapi magiccom nya kagak kenape2 kan?

    BalasHapus
  2. kalo buat manggang bisa gak mbak? hehe...penasaran, tapi takut nyoba

    BalasHapus
    Balasan
    1. kayaknya berbahaya kalau buat manggang mbak RF.Dhonna, tapi sekarang sudah ada lho alat masak yang buat ngukus, merebus dan memanggang jadi satu. penampilan mirip magic com tapi saya lupa namanya. harganya juga mantap lah... coba hunting, saya yg merk philip pernah lihat

      Hapus
  3. hihihi pernah juga diceritaiin masak air, otomatis bisa masak mie juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi hi hi...! Itu betul mbak Honey Sweety. Nasi dan sayur difoto juga saya masak bersamaan. cukup menambah sarangan pasangan magic com di atas nasi yg kita masak. Alhamdulillah enak.

      Hapus
  4. bagaimana menggoreng tempe ? gimana kalau gosong bawahnya doang ? :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. agar tak gosong dibalik mbak, tapi hati-hati ya, gunakan kayu panjang untuk membaliknya bukan besi agar magic com tak rusak. kuncinya sih menahan tombol agar tak berubah pada posisi "warm" sampai gorengan matang.

      Hapus
  5. Bikin bolu jerman pake magic com bisa mba. Berarti bikin kue kering bisa kali ya? Hihihi
    #penasaran
    Tapi belum berani nyoba :D

    BalasHapus
  6. Bikin bolu jerman pake magic com bisa mba. Berarti bikin kue kering bisa kali ya? Hihihi
    #penasaran
    Tapi belum berani nyoba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Susan Alby : jika yang dibikin bolu kukus saya punya pengalaman bolunya mengembang dg bagus. Kalau bolu panggang dengan magic com yg serupa milik saya ini, saya tidak merekomendasikan mbak...!

      Hapus