Welcome, Selamat Datang, Ahlan Wa Sahlan

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga bisa menambah relasi pertemanan dan mengikat tali silaturahmi. Blog ini berisi penuh cerita tentang dunia menulis, kuliner, crafting, islamic, pendidikan dan gardening. Sungguh senang jika anda berkenan meninggalkan jejak dan pesan di blog ini. Selamat membaca, semoga bermanfaat:D.

Sabtu, 05 Oktober 2013

SEHATKAH MAKAN TANPA MENGGUNAKAN SENDOK?

Pernahkah mendengar bahwa salah satu adab makan Rasulullah saw. adalah makan menggunakan tangan? Ya tangan kanan tentunya. Mungkin ada yang menganggap makan dengan menggunakan tangan tak terkait dan tak berpengaruh pada kesehatan kita.

Bahkan mungkin masih ada anggapan tangan kita terlalu kotor dan penuh bakteri untuk digunakan makan, sehingga kita lebih memilih menggunakan sendok daripada tangan sendiri untuk menyuapkan makanan.

Dalam masalah makan, Rasulullah mengumpulkan beberapa aspek sekaligus yaitu : aspek manfaat, aspek kenikmatan, aspek pemeliharaan kesehatan, dan tentu saja tak melupakan aspek keberkahan.


Ternyata tangan kita memproduksi enzim yang bernama RNase. Enzim yang dihasilkan tangan mempunyai kemampuan mengikat bakteri sehingga menghambat aktivitas dalam tubuh. Enzim ini akan terus berproduksi meskipun tangan telah dicuci dengan sabun ataupun deterjen.

Temuan ini jelas memberi pengertian bahwa makan menggunakan tangan bukanlah cara makan yang salah, "jorok" dan sejenisnya. Tentu saja makan menggunakan tangan harus didahului dengan mencuci tangan terlebih dahulu sebelum makan. 

Menarik bukan?:)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar