Welcome, Selamat Datang, Ahlan Wa Sahlan

Assalamu'alaikum Wr.Wb.
Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, semoga bisa menambah relasi pertemanan dan mengikat tali silaturahmi. Blog ini berisi penuh cerita tentang dunia menulis, kuliner, crafting, islamic, pendidikan dan gardening. Sungguh senang jika anda berkenan meninggalkan jejak dan pesan di blog ini. Selamat membaca, semoga bermanfaat:D.

Senin, 06 Januari 2014

MENULIS ITU SULIT

Mendadak sayatak percaya diri untuk menulis. Saya merasa tulisan saya tak bermutu. Hingga saya menemukan status FB dari salah satu guru menulis saya Pak Bambang Trimansyah, yang sering menyebut dirinya sebagai tukang buku keliling, ataupun komporis perbukuan.

Saya sungguh terlecut. Terima kasih semangat yang telah Bapak tularkan.....! Ini copas dari status beliau

MENULIS ITU SULIT

....
Ketakutan tidak dianggap ilmiah sering identik dengan kebodohan dalam menilai tulisan ilmiah secara keliru. Mereka yang takut tidak dianggap ilmiah dan mereka yang bodoh menilai ini akhirnya menyuruh diri mereka terbelenggu oleh kaidah-kaidah yang menurut mereka ilmiah.

Menurut mereka, sebuah tulisan harus mempunyai bab pendahuluan, bab masalah yang akan dibahas, bab ruang lingkup yang akan dibahas, bab tujuan penulisan, bab metode yang akan dipergunakan dalam tulisan tersebut, bab landasan teori, bab pembahasan, dan bab kesimpulan serta saran. Tulisan yang tidak memuat bab-bab ini menurut mereka hanyalah sampah.

Karena itulah, banyak orang yang justru mematikan kreativitas mereka dengan jalan mengada-adakan bab-bab tersebut yang tidak selamanya harus ada. Dan kalau pun ada, sebetulnya bab-bab tersebut dapat terintegrasi ke dalam tulisan secara implisit, dan karena itu tidak selamanya harus harafiah. Juga karena dorongan untuk mengikuti bab-bab tersebut, penulis yang tidak bijaksana terpaksa mengangkut sekian banyak teori ke dalam bab landasan teori, yang kalau perlu tidak relevan sekali pun. Dan orang-orang semacam ini terpaksa mengada-adakan saran, meskipun pikiran yang cemerlang pasti akan terpakai meskipun tanpa saran dari siapa pun untuk memakainya.

(Dikutip dari tulisan Budi Darma, "Menulis itu Sulit", dalam Kompas, September 1983)

Pemikiran yang masih relevan hingga kini tentang penulisan karya ilmiah dan seretnya kreativitas akademisi menghasilkan karya ilmiah yang berbobot.

~ bongkar kliping tukang buku keliling

Tidak ada komentar:

Posting Komentar